English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Trik Untuk MerawatBlog



Blog, sebagai sarana corat-coret di dunia maya memang cukup mengasyikan. Disini kita bisa saling berbagi ilmu, membuat personal branding, curhat-curhatan, atau juga menyalurkan kreativitas kita agar bisa dinikmati khalayak ramai. Selain mengasyikkan blogging kadang-kadang membutuhkan effort khusus dari para pemilik(blog)nya ketika harus merawat sampai menjaga keamanannya, terutama untuk rekan-rekan yang memasang blog pada hosting pribadi (tidak masuk dalam subdomain wordpress.com atau blogger.com). Berikut adalah sedikit tips singkat untuk merawat blog agar selalu Up and Running :
  • Tambahkan fitur captcha pada blog untuk menghindari kehadiran spam, saya pribadi suka menggunakan Anti-Spam Math Answer.
  • Hindari penggunaan Plugin yang kurang esensial karena merupakan salah satu celah keamanan.
  • Secara berkala lakukan backup WordPress eXtended RSS yang nantinya akan berekstensi .xml yang berisi postingan halaman, komentar, kategori, dan Tag.
  • Tambahkan fitur Statistik Web seperti AWStat untuk mempermudah melakukan forensik ketika suatu saat blog kita mendapat serangan spam dan kawan-kawannya.
  • Gunakan Webblog client untuk menulis postingan. Atau menggunakan menggunakan Zoundry Raven yang berlisensi OpenSource. Konsep dari Webblog Client adalah seperti Mail Client yang akan mendownload semua postingan kita dari blog. Keuntungan dari Webblog CLient adalah kita bisa menulis postingan dimanapun walaupun ketika tidak ada koneksi internet dan kita bisa mempublish tulisan kita pada saat kita terhubung dengan internet, selain itu Software ini berguna untuk melakukan backup postingan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar