English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Mengenal Ubuntu


Ubuntu adalah suatu sistem operasi bebas dan open source yang menggunakan Debian sebagai fondasinya dan dirilis secara berkala (setiap enam bulan), fokus utama sistem operasi Ubuntu adalah para pengguna dan kemudahan penggunaan (sesuai dengan"Just Work" TM) dan pada setiap rilis Ubuntu akan memberikan perbaikan keamanan selama 18 bulan.
Ubuntu menyertakan lingkungan desktop Gnome / KDE / XFCE terbaru di setiap rilis dan juga menyertakan beragam pilihan perangkat lunak untuk server dan desktop yang semuanya dikemas ke dalam satu CD.

Dirilis Dengan Teratur dan Dapat Diprediksi
Proyek Ubuntu meluncurkan rilis Ubuntu setiap enam bulan. Di setiap rilis akan terdapat aplikasi terbaru seperti kernel, X, Gnome, KDE dan aplikasi penting lainnya, dan untuk setiap rilis Ubuntu memberikan dukungan untuk perbaikan keamanan selama 18 bulan. Untuk mendapatkan Ubuntu Anda dapat men-download CD dan kemudian membakar (burn) sendiri atau Anda meminta kepada kami untuk mengirimkan CD Ubuntu.

Untuk men-download Ubuntu: Silakan lihat halaman download kami.
Untuk memesan CD yang telah jadi: Isi alamat pengiriman Anda di ShipIt - Sistem Distribusi CD Ubuntu. Ubuntu tidak akan memberikan atau menjual informasi pribadi Anda kepada siapapun atau menggunakannya untuk selain dari kegiatan pengiriman CD. Jika Anda adalah bagian dari suatu komunitas, Anda dipersilakan untuk memohon CD bagi komunitas Anda, seperti untuk KPLI atau sekolah.
Sama Sekali Bebas Biaya

Ubuntu adalah Perangkat Lunak Bebas, dan tersedia bagi Anda dengan bebas biaya. Arti Bebas disini juga berarti memberikan Anda hak akan Kebebasan pada Perangkat Lunak, yang kemungkinan sudah Anda ketahui! Tidak seperti distribusi komersial lainnya yang ada dalam dunia perangkat lunak bebas dan sumber terbuka (Libranet, Lindows, Xandros, Red Hat), proyek Ubuntu mempercayai bahwa Perangkat Lunak Bebas haruslah bebas dari biaya lisensi.

Cepat, Mudah Instalasinya


Ubuntu memang tidak menggunakan penginstal berbasis grafik yang cantik, tetapi Ubuntu dapat diinstal dengan CEPAT dan MUDAH. Oke, masih ada beberapa bagian yang harus Anda ketahui terlebih dahulu untuk melakukan instalasi, tetapi metode instalasi baku Ubuntu akan mudah digunakan dan bekerja dengan baik untuk semua orang. Untuk keperluan instalasi Anda cukup membutuhkan satu CD saja, sebab kami telah menyertakan semua aplikasi yang dibutuhkan untuk instalasi ke dalam satu CD, sedangkan untuk aplikasi tambahan lainnya tersedia secara online jika Anda membutuhkannya. Pada komputer umum, instalasi Ubuntu akan selesai kurang dari 25 menit.

Penginstal Ubuntu mungkin tidak memakai basis GUI, tetapi Anda hanya akan menggunakannya sekali saja, karena setelah ini untuk upgrade dari satu versi ke versi berikutnya dapat dilakukan melalui jaringan tanpa memerlukan CD penginstal lagi. Anda juga tidak harus menginstal ulang sistem operasi, cukup meng-upgrade versi Ubuntu yang dimiliki ke versi berikutnya jika Anda menginginkannya.

Langsung Dapat Digunakan

Sesaat Anda selesai menginstal Ubuntu Anda dapat langsung menggunakan Ubuntu. Di dalam sistem Anda terdapat banyak aplikasi untuk kegiatan bisnis, aplikasi untuk internet, aplikasi untuk menggambar dan grafik, dan juga beragam permainan. Hanya dengan satu CD Anda sudah memiliki lingkungan desktop yang sangat bagus, dan juga dengan banyak aplikasi yang berguna untuk keperluan bisnis, kegiatan di rumah dan untuk pengguna komputer pribadi dan semuanya sudah terinstal dalam Ubuntu. Selain ini ada ribuan perangkat lunak tambahan yang dapat Anda instal hanya dengan mengeklik satu tombol.

Pelajari lebih lanjut... berbicaralah dengan kami!


Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Ubuntu Anda dapat berinteraksi langsung dengan komunitas Ubuntu yang meliputi pengembang, penterjemah dan tech support melalui milis, kanal IRC dan forum. Silakan coba memulai dengan ini:

Milis Ubuntu:

Ada beberapa milis Ubuntu yang dapat Anda kunjungi bila ingin bergabung dengan Ubuntu. Dan untuk milis komunitas Ubuntu di Indonesia Anda dapat bergabung dengan kami di milis id-ubuntu.
Kanal IRC Ubuntu:

Bercakap-cakap langsung dengan komunitas Ubuntu di Internet Relay Chat (IRC) pada #ubuntu di irc.freenode.net. Dan jangan lupa untuk mampir di #ubuntu-id, tempat berkumpulnya komunitas Ubuntu Indonesia di IRC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar